Peran Lembaga Agama Adalah Mengatur Kehidupan Manusia Dalam Memenuhi

Peran Lembaga Agama Adalah Mengatur Kehidupan Manusia Dalam Memenuhi

Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi ......

Daftar Isi

1. Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi ......


Jawaban:

Lembaga agama berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat dalam hubungan dengan Tuhan dan sesame.

Penjelasan:

Semoga Membantu

Jawaban:

1. kehidupan umat Islam

2. mengatur hari puasa - idul Fitri

3. mengirim zakat kepada yg membutuhkan


2. Dalam lembaga sosial peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi…


Jawaban:

kewajiban dalam melaksanakan ketentuan agama


3. peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi??


kebutuhan rohani manusiapernikahan/kebutuhan hidup

4. Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi ....


Jawaban:

kebutuhan spiritual

Penjelasan:

Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan spiritual

Semoga Membantu

Dijadikan jawaban tercerdas ya


5. Peran Lembaga Agama Adalah Mengatur Kehidupan Manusia Dalam Memenuhi...A.Kebutuhan SpiritualB.Sikap Tenggang Rasa Dan ToleransiC.Kebutuhan Secara Tertib Dan TeraturD.Kebutuhan Hidup Sehari-HariPls Yah Jawab Soalnya Lagi Pts thank to answer •^•​


Jawaban:

A. Kebutuhan Spiritual

Penjelasan:

Peran Lembaga Agama Adalah Mengatur Kehidupan Manusia Dalam Memenuhi...

= A.Kebutuhan Spiritual


6. 1.Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi ....a. kebutuhan secara tertib dan teraturb. kebutuhan spiritualc. kebutuhan hidup sehari-harid. sikap tenggang rasa dan toleransi2. Aa Gym adalah anak seorang tentara yang tinggal di lingkungan Kauman dan kuliah di perguruan tinggi umum. Ia belajar ngaji pada seorang ajengan. Meskipun memiliki beberapa jenis usaha bisnis, ia lebih dikenal dan dihormati sebagai seorang dai atau ustadz. Jenis saluran mobilitas yang digunakan adalah …a. angkatan bersenjata c. lembaga pendidikanb. lembaga keagamaan d. organisasi politik 3. Lembaga agama berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat dalam hubungan dengan Tuhan dan sesama. Pada hakikatnya tujuan pembentukan lembaga agama tersebut adalah ........a. mencapai kebahagiaan hakiki dalam kehidupanb. meningkatkan kesejahteraan secara materialc. mendorong prestasi individu dalam bekerjad. membantu dalam pelestarian budaya 4. Fungsi lembaga pendidikan yang lebih dikenal dengan proses transmisi kebudayaan pada generasi berikutnya adalah fungsi ….a. kreatif c. konservatifb. evaluatif d. Laten​


Jawaban:

d, c, d, dan a

Penjelasan:

maaf kalo ada yang salah kak


7. peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi...a. kebutuhan spiritualb. kebutuhan hidup sehari-haric. kebutuhan secara tertib dan teraturd. pengaturan dalam hidup bernegaratolong ini pr besok dikoreksi!!!!


kalo ga salah A.kebutuhan spiritual a. kebutuhan spiritual

artinya : lembaga sosial agama megatur kehidupan yang berkaitan dengan kebutuhan religius, spiritual .



8. 35. a. tata kelakuan yang kekal dan kuat menjadi satu dengan pola-pola perilaku masyarakatb. mempunyai kekuatan mengikat yang tinggic. ada sanksi keras jika melanggaruraian itu menunjukkan pengertian dari ... a)cara b) kebiasaan c) tata kelakuan d) adat istiadat 36. Unit sosial yang paling kecil dalam kehidupan masyarakat disebut ... a)keluarga b) Lembaga ekonomi c) Lembaga agama d) Lembaga pendidikan 37. Untuk memenuhi kebutuhan pokok manusia, maka manusia menciptakan lembaga .... a)agama b) ekonomi c) pendidikan d) politik 38. Lembaga sosial yang berperan mengatur kehidupan berkaitan dengan ketatanegaraan disebut... a) Lembaga politik b) Lembaga ekonomi c) Lembaga hukum d) Lembaga agama 39. Untuk menanamkan sikap sopan santun terhadap anak diperlukan lembaga.... a)pendidikan b) ekonomi c) perkawinan d) hukum 40. adanya larangan makan dengan menggunakan tangan kiri, berbicara ketika sedang makan, bersendawa selepas makan, makan mengeluarkan bunyi. merupakan contoh dari norma berdasar tingkatannya yaitu…. a)cara b) kebiasaan c) tata kelakuan d) adat istiadat tolong bantuin dong kak:) terima kasih banyak


Jawaban:

35. c) tata kelakuan

36. a)Keluarga

37. b) ekonomi

38. antara (a dan c)

39. a)pendidikan

40. d) adat istiadat

Penjelasan:

maaf kalo salah ya

soalnya ada aja jawaban yg bikin ragu


9. Lembaga ekonomi muncul dari usaha manusia untuk beradaptasi dengan lingkungannya dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup. Hal tersebut berkaitan dengan pengaturan bidang ekonomi dalam upaya memperoleh kehidupan yang layak dan sejahtera. Peran badan usaha perorangan di Indonesia adalah ... . * 5 points memperkukuh perekonomian untuk mendorong pertumbuhan ekonomi menyumbangkan sekitar 51% dari tingkat penghasilannya kepada negara menjadi stabilisator perekonomian dalam upaya menyejahterakan rakyat daerah menjadi badan usaha yang bersifat sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. pliss jawab untuk hari ini pliss jawab untuk hari ini


Jawaban:

adalah sebagai penghasil barang dan jasa, pelopor dalam sektor-sektor usaha yang belum diminati swasta, pelaksanaan pelayanaan publik, pembuka lapangan kerja, penghasil devisa negara, pembantu pengembangan usaha kecil, serta pendorong aktivitas masyarakat pada berbagai bidang usaha.

Penjelasan:

semoga membantu


10. 8. Suatu badan khusus yang mengatur pelaksanaan dan wewenang yang menyangkut kepentingan masyarakat agar tercapai suatu keteraturan dan tata tertib kehidupan bermasyarakat adalah....A. lembaga politikB. lembaga sosial C. lembaga agama D. lembaga ekonomi6. Lembaga pendidikan (kursus) bahasa Inggris,memasak,dan sejenisnya,merupakan lembaga pendidikan non formal. Fungsi lembaga tersebut adalah memberikan....A. ilmu pengetahuan dan teknologiB. modal keterampilan praktis untuk hidupC. keahlian yang diperlukan oleh pemerintah D. teori dan cara hidup dalam masyarakat10. Partai politik merupakan salah satu wujud lembaga politik dalam menjalankan fungsinya sebagai tatanan berbangsa dan bernegara. Lembaga ini dibangun dengan tujuan untuk....A. membuat produk produk hukum yang bersifat konvensional B. mewujudkan tujuan negara dan menjaga intergras bangsaC. menyelenggarakan pelayanan sosial kepada masyarakat D. meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat3. Lembaga yang bertujuan untuk mengawasi adat istiadat atau tata kelakuan, yang tidak menjadi tugas utama lembaga sosial disebut lembaga sosial....A. tidak teraturB. terarahC. teraturD. tradisional2. Fungsi laten lembaga pendidikan berkaitan dengan fungsi lembaga pendidikan secara tersembunyi, yaitu....A. menciptakan atau melahirkan kedewasaan peserta didikB. memperkaya cakrawala bepikir siswaC. membentuk kepribadian yang tangguh sehingga dalam menempuh kehidupan tidak mudah putus asaD. menambah wawasan serta pandangan seseorang sehingga dalam berinteraksi makin baik1. Fungsi afeksi sebuah keluarga artinya adalah pemberian....A. pembentukan perananB. kasih sayangC. pengawasan sosialD. keturunan5. Lembaga yang menangani masalah kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan produksi,distribusi,dan konsumsi adalah....A. lembaga politikB. lembaga sosialC. lembaga agamaD. lembaga ekonomi4. Fungsi lembaga sosial yang tidak disadari kebenarannya dan tidak menjadi tujuan utama masyarakat disebut fungsi....A. latenB. manifestC. konservatifD. evaluatif9. Kegiatan pertambangan,minyak , batu bara, dan emas serta mengambil ikan di laut termasuk jenis....A. ekstraktifB. agrarisC. industriD. perdagangan7. Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi....A. kebutuhan secara tertib dan teratur B. kebutuhan spritualC. kebutuhan hidup sehari hariD. sikap tenggang rasa dan toleransiTolong jawab secepatnya soalnya hari ini mau dikumpulkanJangan ngasal Maaf nomernya ngacak karena soalnya emang ngacakMakasih yang udah jawab​


Jawaban:

8. A.

6. A.

10. B.

3. C.

2. D.

1. B.

5. B.

4. C.

9. A.

7. B.

Penjelasan:

maaf kalau salah

jadikan jawaban terbaik ok:)

semoga membantu:)


11. peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhiplease tolong di jawab ya​


Jawaban:

Lembaga agama berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat dalam hubungan dengan Tuhan dan sesama.

Penjelasan:

maaf kalo salah

jadikan jawaban terbaik ya


12. 6. Contoh simbol dalam lembaga sosial tampak pada pernyataan .... A. Setiap hari senin seluruh peserta didik wajib mengikuti upacara benderaB. Ali menggunakan baju yang berlogo OSIS di saku kirinya C. Setiap sore Ani membantu ibu mencuci piring D. Masyarakat membeli kebutuhan sehari hari di pasar 7. Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri. Oleh karena itu, manusia berinteraksi dengan manusia lain sebagai upaya tukar menukar barang. Proses interaksi sosial tersebut mempengaruhi pembentukan lembaga .... A. Politik B. Budaya C. Ekonomi D. Keluarga 8. Lembaga yang berfungsi sebagai sarana untuk mewujudkan keadilan sosial lahir dan bathin serta sebagai pengatur tata tertib hubungan masyarakat adalah... A. keluarga B. agama C. hukum D. politik 9. Berikut ini yang bukan merupakan peran lembaga agama adalah...A. Sebagai pedoman hidup bagi manusia B. pengatur tata cara hubungan manusia dengan manusia dan manusia dengan tuhannya C. Tuntunan prinsip benar dan salah D. sarana untuk menguasai manusia atau sekelompok manusia 10. Lembaga yang berperan pertama dan utama dalam pembentukan kepribadian anak adalah... A. pendidikan B. agama C. keluarga D. hukumdi bantu ya secepatnya mapel IPS YA​


Jawaban:

6. A

7. C

8. B

9. D

10. C

.............


13. Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi.....


Jawaban:

Kebutuhan spiritual

Penjelasan:

SEMOGA BERMANFAAT..JANGAN LUPA FOLLOW..WAJIB:)


14. Lembaga ekonomi muncul dari usaha manusia untuk beradaptasi dengan lingkungannya dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup. Hal tersebut berkaitan dengan pengaturan bidang ekonomi dalam upaya memperoleh kehidupan yang layak dan sejahtera. Peran badan usaha perorangan di Indonesia adalah ... . * 5 points memperkukuh perekonomian untuk mendorong pertumbuhan ekonomi menyumbangkan sekitar 51% dari tingkat penghasilannya kepada negara menjadi stabilisator perekonomian dalam upaya menyejahterakan rakyat daerah menjadi badan usaha yang bersifat sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. pliss jawab untuk hari ini pliss jawab untuk hari ini


Jawaban:

menjadikan badan usaha yg bersifat sosial, keagamaan, dan kemanusiaan

Penjelasan:

maff kalo salah ^-_-^


15. 1. peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi ...a. kebutuhan secara tertib dan teratur b. kebutuhan spiritual c. kebutuhan sehari hari d. sikap tenggang rasa dan toleransi tolong jawab mau dikumpulkan​


Jawaban:

b. kebutuhan spiritual

Penjelasan:

semoga membantu:)


16. 30. Peran lembaga agamaadalah mengatur kehidupanmanusia dalam memenuhi ....A Kebutuhan secara tertib danteraturO B. Kebutuhan spiritualΟ Ο Ο ΟO c Kebutuhan hidup sehari-hariD Sikap tenggang rasa dantoleransi​


Jawaban:

B. kebutuhan spiritual

semoga benar dan membantu yahhh.. jangan lupa jadikan jawaban terbaik dan follow :))


17. peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi?


Lembaga agama merupakan lembaga yang mengatur kehidupan manusia dalam kaitannya dengan kehidupan beragama (spiritual) atau yang berhubungan dengan religius

18. 1. Hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia,maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia disebut ….a. status sosialb. peran sosialc. interaksi sosiald. proses sosial2. Lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup disebut...a. Sosialb. Lembaga Sosialc. Interaksi Sosiald. Proses Sosial3. Dibawah ini yang termasuk bagian dari jenis-jenis lembaga sosial, kecuali..a. Lembaga tata usahab. Lembaga keluargac. Lembaga ekonomid. Lembaga politik4. Sehubungan dengan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka lembaga sosial secara umum mempunyai fungsi yaitu..a. Memberikan pedoman kepada anggota masyarakatnyab. Memberikan kebebasan tanpa aturan apapun kepada anggota masyarakatnyac. Masyarakat tidak memiliki sanksi dalam kehidupan bermasyarakatd. Tidak mengadakan pengendalian sosial terhadap masyarakat5. Lembaga yang lahir sebagai suatu usaha manusia menyesuaikan diri dengan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera dapat dikatakan lembaga...a. Lembaga agamab. Lembaga pendidikanc. Lembaga ekonomid. Lembaga politik​


1. Hubungan-hubungan antara orang perorangan, antara kelompok manusia,maupun antara orang perorangan dan kelompok manusia disebut ….

c. interaksi sosial

2. Lembaga yang mengatur rangkaian tata cara dalam memenuhi kebutuhan manusia dalam menjalani kehidupan dengan tujuan mendapatkan keteraturan hidup disebut...

b. Lembaga Sosial

3. Dibawah ini yang termasuk bagian dari jenis-jenis lembaga sosial, kecuali..

a. Lembaga tata usaha

4. Sehubungan dengan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, maka lembaga sosial secara umum mempunyai fungsi yaitu..

a. Memberikan pedoman kepada anggota masyarakatnya

5. Lembaga yang lahir sebagai suatu usaha manusia menyesuaikan diri dengan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka dalam rangka mencapai kehidupan yang sejahtera dapat dikatakan lembaga...

c. Lembaga ekonomi

Pembahasan:  

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu dengan individu lain atau kelompok. Interaksi sosial merupakan proses saling memengaruhi tindakan individu atau kelompok yang ada di dalam suatu masyarakat.

Manusia hidup masyarakat yang membutuhkan satu sama lain, sehingga manusia disebut dengan makhluk sosial. Interaksi sosial merupakan aspek fundamental manusia sebagai makhluk sosial, karena manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lainnya di masyarakat dan jika anggota masyarakat yang bertemu akan menimbulkan.

Contoh interaksi sosial misalnya kegiatan jual beli di pasar, guru yang mengajar murid di kelas, serta musyawarah warga pada sebuah desa.

---------------------------------------------------------------------------------

Pelajari lebih lanjut:

Mengapa interaksi sosial mampu mempengaruhi kehidupan sosial di: brainly.co.id/tugas/12358732Contoh kontak sosial secara langsung dan tidak langsung di: brainly.co.id/tugas/19043872

Detail Jawaban:

Kode: 7.10.4

Kelas: VII

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 4 - Dinamika Interaksi Manusia

Kata kunci: Interaksi Sosial

#TingkatkanPrestasimu


19. 1.Unsur-unsur lembaga keluarga yang berkaitan dengan ideologi adalah …. * a. Kasih sayang b. Kendaraan c. Izin kawin d. Keturunan 2.Sebuah lembaga sosial akan berjalan baik apabila .... * a. Memelihara pola pencapaian tujuan b. Mengatur adaptasi c. Dapat melaksanakan fungsinya d. Mendefinisikan adaptasinya 3.Lembaga sosial yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan hidup, bersifat informal, dan berfungsi untuk pewarisan budaya secara alamiah adalah …. * a. Keluarga b. Sekolah c. Pasar d. Partai 4.Fungsi lembaga sosial yang tidak disadari keberadaannya dan tidak menjadi tujuan utama masyarakat disebut fungsi …. * 10 points a. Laten b. Manifest c. Konservatif d. Evaluatif 5.Lembaga sosial yang digunakan untuk mencukupi kebutuh-an hidup bermasyarakat adalah .... a. Lembaga keluarga b. Lembaga ekonomi c. Lembaga agama d. Lembaga sekolah 6.Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi .... * 10 points a. Kebutuhan secara tertib dan teratur b. Kebutuhan spiritual c. Kebutuhan hidup sehari-hari d. Sikap tenggang rasa dan toleransi 7.Dani adalah seorang siswa yang pandai tetapi kurang mampu. Ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sampai sarjana. Setelah lulus, ia diterima diperusahaan besar dengan posisi sebagai manager. Berdasarkan uraian tersebut, lembaga pendidikan berperan untuk …. a. Memberikan beasiswa b. Melakukan mobilitas vertikal c. Mewariskan budaya leluhur d. Membuka lapangan kerja bar 8.Perhatikan pernyataan berikut !1) Tempat ibadah harus dirawat dengan baik2) Orang tua mengajarkan anak untuk disiplin waktu3) Petugas tata usaha mencatat jumlah inventaris sekolah4) Untuk mencukupi kebutuhan dibutuhkan modal Pernyataan yang menunjukkan alat kelengkapan lembaga agama dan pendidikan ditunjukkan oleh nomor ... * a. 1) dan 2) b. 1) dan 3) c. 2) dan 3) d. 3) dan 4) 9.Aa Gym adalah anak seorang tentara yang tinggal di lingkungan Kauman dan kuliah di perguruan tinggi umum. Ia belajar ngaji pada seorang ajengan. Meskipun memiliki beberapa jenis usaha bisnis, ia lebih dikenal dan dihormati sebagai seorang dai atau ustadz. Jenis saluran mobilitas yang digunakan adalah … * a. Angkatan bersenjata b. Lembaga keagamaan c. Lembaga pendidikan d. Organisasi politik 10.Lembaga agama berfungsi untuk mengatur k0.ehidupan masyarakat dalam hubungan dengan Tuhan dan sesama. Pada hakikatnya tujuan pembentukan lembaga agama tersebut adalah ........ * a. Mencapai kebahagiaan hakiki dalam kehidupan b. Meningkatkan kesejahteraan secara material c. Mendorong prestasi individu dalam bekerja d. Membantu dalam pelestarian budaya


Unsur-unsur lembaga keluarga yang berkaitan dengan ideologi adalah (A) kasih sayang.Sebuah lembaga sosial akan berjalan baik apabila (C) dapat melaksanakan fungsinya.Lembaga sosial yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan hidup, bersifat informal, dan brefungsi untuk pewarisan budaya secara alamiah adalah (A) keluarga.Fungsi lembaga sosial yang tidak disadari keberadaannya dan tidak menjadi tujuan utama masyarakat disebut fungsi (A) Laten.Lembaga sosial yang digunakan untuk mencukupi kebutuhan hidup bermasyarakat adalah (B) lembaga ekonomi.Peran lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi (B) kebutuhan spiritual.Dani adalah seorang siswa yang pandai tetapi kurang mampu. Ia mendapat beasiswa untuk melanjutkan pendidikan sampai sarjana. Setelah lulus, ia diterima di perusahaan besar dengan posisi sebagai manajer. Berdasarkan uraian tersebut, lembaga pendidikan berperan untuk (B) melakukan mobilitas vertikal.Pernyataan yang menunjukkan alat kelengkapan lembaga agama dan pendidikan ditunjukkan oleh nomor (B) 1 dan 3.Aa Gym adalah anak seorang tentara yang tinggal di lingkungan Kauman dan kuliah di perguruan tinggi umum. Ia belajar ngaji pada seorang ajengan. Meskipun memiliki beberapa jenis usaha bisnis, ia lebih dikenal dan dihormati sebagai seorang dai atau ustadz. Jenis saluran mobilitas yang digunakan adalah (B) lembaga keagamaan.Lembaga agama berfungsi untuk mengatur kehidupan masyarakat dalam hubungan dengan Tuhan dan sesama. Pada hakikatnya tujuan pembentukan lembaga agama tersebut adalah (A) mencapai kebahagiaan hakiki dalam kehidupan.

Pembahasan

Pada nomor 1, pilihan (A) benar karena ideologi dalam lembaga keluarga adalah cinta dan kasih sayang.

Pada nomor 2, pilihan (C) benar karena fungsi lembaga sosial salah satunya adalah menjadi pengawas bagi anggotanya untuk menjalankan norma dan nilai sosial yang terdapat pada suatu lembaga sosial. Apabila sebuah lembaga sosial tidak dapat menjalankan fungsinya maka akan terjadi disintegrasi sosial.

Pada nomor 3, pilihan (B) salah karena bersifat formal, pilihan (C) salah karena bukan berungsi sebagai pewarisan budaya alamiah, dan pilihan (D) salah karena bersifat formal dan bukan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Pada nomor 4, pilihan (B) salah karena merupakan fungsi lembaga sosial yang disadari. Pilihan (C) dan (D) salah karena bukan termasuk dalam fungsi lembaga sosial.

Pada nomor 7, pilihan (B) benar karena Dani bisa menjadi seorang manajer melalui saluran lembaga pendidikan.

Pada nomor 9, pilihan (B) benar karena Aa Gym menjadi dihormati sebagai seorang ustadz, bukan sebagai pebisnis atau seorang sarjana.

Pada nomor 10, pilihan (B), (C), dan (D) salah karena:


Pilihan (B):: merupakan fungsi dari lembaga ekonomi.Pilihan (C): merupakan fungsi dari lembaga pendidikan.Pilihan (D): merupakan fungsi dari lembaga kebudayaan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang saluran-saluran mobilitas sosial

https://brainly.co.id/tugas/44668727

Materi tentang fungsi lembaga sosial

https://brainly.co.id/tugas/19014482

Materi tentang pengertian mobilitas sosial vertikal dan mobilitas sosial horizontal

https://brainly.co.id/tugas/36747210

Detail jawaban

Kelas: 7

Mapel: Geografi

Bab: 8 - Lembaga Sosial

Kode: 7.8.8

#AyoBelajar


20. Peran Lembaga agama adalah mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi .....


Jawaban:

mengatur kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan spiritual

Penjelasan:

semoga membantu


Kategori b_arab